Rabu, 26 Desember 2007

Teknik Arsitektur

TEKNIK ARSITEKTUR



Arsitek berasal dari bahasa Yunani arkhe yang berarti asli dan tektoon yang berarti berdiri stabil dan kokoh. Apabila dua kata tersebut digabung menjadi arkhitekton mempunyai arti yang lain, yaitu pembangunan utama tukang ahli bangun. Jadi arsitektur adalah seni atau ilmu bangunan yang di dalamnya termasuk perencanaan, konstruksi, dan penyelesaian dekoratif.

Ada enam hal yang dipelajari dalam arsitektur, yaitu manusia, wadah aktivitas, teknik presentasi, ketrampilan, dan pengetahuan factual. Manfaat utama dari arsitektur adalah penyedia fasilitas. Keberhasilan seorang arsitek dilihat dari apakah arsitek tersebut dapatr memenuhi kebutuhan dari pengguna karya arsitek tersebut dan bisa memberikan dampak yang baik juga untuk lingkungan sekitarnya dan tidak dinilai dari bentuk bangunan yang didesain oleh arsitek, tetapi lebih ke dampak yang terjadi karena bangunan itu.

Prospek ke depan dari arsitektur sangat luas. Seorang arsitek dapat berkerja menjadi drafter atau draftsman, konsultan, dan perancang interior.

Kemampuan penunjang yang harus dimiliki adalah kreatif, peduli terhadap lingkungan, kemampuan berkomunikasi, ketelitian dan kecerdasa, suka menggambar, dan kemampuan membagi waktu.

Salah satu universitas yang terdapat jurusan teknik arsitektur adalah Institute Teknologi Bandung (ITB)

Situs-situs berkaitan jurusan Arsitektur :

www.greatbuildings.com

www.architecturalrecord.com

www.careersinarchitecture.net